Kamis, 07 Maret 2013

Penyebab utama mesin mobil macet bahkan hancur

Mungkin anda tak perlu panik ketika mesin mobil mogok, karena hal ini sudah biasa terjadi.Lalu bagaimana kalau mesin mobil menjadi macet tak bisa dihidupkan kembali, jangan-jangan mesin mobil Anda hancur?.
Mesin mobil yang macet karena dalamannya hancur bukan masalah yang jarang terjadi.Bahkan penyebabnya bisa dikatakan sepele, hanya karena kurang perawatan.
Mesin mobil itu bekerja saling berkaitan antara bagian komponen yang satu dan lainnya, semuanya saling menunjang kinerja masing masing komponen.Jika sampai terjadi adanya ketidak harmonisan kerja mesin/melenceng , bisa saja komponen penting dalam mesin mobil akan hancur.Kalau sampai begini baru boleh kita pusing, karena perbaikan akan membutuhkan banyak waktu dan biaya.Apalagi kalau sedang berjalan didaerah pedalaman, sudah pasti akan memanggil mobil derek.

Pada umumnya yang paling sering terjadi adalah hancurnya piston/seher, bengkoknya klep, bengkoknya stang seher dan blok kop yang melintir.

Agar mesin mobil anda terhindar dari hal-hal tersebut, berikut beberapa komponen yang perlu diperhatikan


Periksa ECU secara berkala

ECU adalah sistem elektronik pada injeksi bahan bakar yang bertugas mengatur perbandingan pencampuran bahan bakar dan udara sesuai keadaan mesin.Jika ECU ini suatu saat kerjanya terganggu, bisa saja mesin akan kebanyakan bensin.Kebanyakan bensin bisa menghancurkan komponen didalam mesin seperti seher, klep dll.ECU berkaitan dengan kendaraan yang menggunakan sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection).

Rusaknya pompa olie

Jika pompa olie rusak, otomatis olie tidak akan bisa naik melumasi mesin.Akibatnya mesin akan tinggi tingkat gesekannya dan pada akhirnya panas kemudian memuai, macet dan bisa hancur.Untuk itu jangan membiasakan ngegas mesin besar-besar pada saat mobil sedang diam.Mobil yang diam itu akan membuat mesin ringan bekerja, sehingga jika digas besar akan menghasilkan putaran yang tinggi.Putaran yang sangat tinggi ini akan mengakibatkan pompa olie bekerja keras, dan ini beresiko pompa olie rusak.

Penyebab lainnya adalah pompa olie yang kotor,  sehingga alirannya tersumbat atau aliran olie tidak lancar.Akibatnya, saat mobil dalam putaran tinggi , pelumasan yang dibutuhkan menjadi sangat kurang.Akibatnya, sama seperti diatas.Untuk itu pompa oli adala komponen yang tak boleh dilupakan perawatannya.

Sistem pendingin

Sistem pendingin yang terganggu bisa mengakibatkan mesin overheating.Jika mobil tetap dipaksa dalam keadaan begini, kemungkinan mesin menjadi hancur juga sangat tinggi.Untuk itu jangan remehkan tentang sistem pendingin, lakukan tindakan jika mengetahui jarum indikator menunjukkan mesin kepanasan.Baca: Penyebab mesin mobil cepat panas


Belt/tali kipas

Tali kipas berfungsi sangat penting bagi sebuah mesin mobil.Pada beberapa jenis mobil, tali kipas ini juga menghubungkan putaran mesin dan poros camp.Apapun jenis mobil anda jika ada tali kipasnya, maka pastikan tali kipas tersebut selalu dalam keadaan baik.Tidak sedikit kasus mesin mobil macet gara gara tali kipasnya putus.Memang sangat fatal akibatnya bagi mesin jika tali kipas sampai putus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar