Minggu, 31 Maret 2013

Hal yang menyebabkan Akun Facebook di nonaktifkan

Terkadang kita terlalu malas untuk membaca kalimat yang banyak, termasuk membaca peraturan yang diberlakukan pada sebuah layanan.Pada facebook misalnya, semua peraturan yang harus ditaati penggunanya sebenarnya sudah dijelaskan pada halaman TOS (Terms Of Services), termasuk tindakan apabila merlakukan pelanggaran.Baca Juga:

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan akun facebook anda diblock atau dinonaktifkan.


1. Menggunakan nama palsu

Menggunakan nama palsu pada facebook sebenarnya sudah dijelaskan bahwa itu dilarang.Ini adalah penyebab terbanyak yang menimpa pengguna.Gunakanlah nama yang terdengar wajar sebagai sebuah nama yang sesungguhnya.Apa sih tujuan menggunakan nama yang tidak diperbolehkan?,jika tak ada gunanya sebaiknya jangan dilakukan.Nama palsu , seperti misalnya menggunakan nama artis terkenal, memakai nama perusahaan/merk yang memiliki hak cipta atau badan hukum, memakai nama yang mengandung kata tertentu dll.Jadi paling aman adalah mempergunakan nama sendiri.


2. Posting di wall terlalu cepat dan banyak

Akun anda bisa di nonaktifkan secara otomatis oleh sistem yang mendeteksi perilaku anda difacebook.Seperti, posting terlalu cepat dan banyak pada wall orang atau teman-teman anda.Hal seperti ini bisa terdeteksi oleh BOT sebagai postingan SPAM, dan BOT langsung akan menonaktifkan akun anda.

3. Mengirimkan permintaan teman terlalu banyak

Mengirim permintaan terlalu banyak atau mengirim permintaan pertemanan kepada orang-orang yang tidak anda kenal mungkin bisa membuat akun Anda diblock secara otomatis.Ada batasan untuk jumlah permintaan pertemanan yang diirim setiap hari. Biasanya akan ada peringatan jika anda sudah mencapai batas, mencoba untuk melanjutkan setelah Anda mendapatkan peringatan mungkin beresiko dinonaktifkan

4. Posting gambar

Hati hati memposting gambar pada tempat umum (publik) diFB, pastikan jika gambar tersebut tidak bermakna negatif atau menyinggung siapa saja.Jika banyak yang melaporkan postingan anda, atau diketahui sendiri oleh tim FB maka siap siap saja akun dinonaktifkan.

5. Posting teks yang digandakan terlalu banyak

Posting yang intensitasnya cepat seolah digandakan adalah dianggap SPAMER, dan ini jelas dilarang dan bisa dideteksi oleh BOT.Jika anda melakukan ini, akun bisa dinonaktifkan secara otomatis saat itu juga.

6.Anda sering menyinggung orang lain

Hal ini sebenarnya sudah tertulis pada TOS.Sebelum anda pupdate status publik, atau mengirim pesan lainnya pastikan jika hal tsb tidak menyinggung orang lain.Walau hal ini belum terlalu umum terdengar, bisa jadi menyinggung orang terlalu banyak bisa menyebabkan akun diblock.

7. Account Anda berpotensi tidak baik bagi pengguna lain

Berhati hatilah menggunakan aplikasi yang tidak meyakinkan.Karena aplikasi bisa menularkan virus kepada akun anda.Dan kemudian secara otomatis akun anda juga "terinfeksi" sehingga menyebarkan hal yang mengganggu/memberikan resiko bagi akun orang lain.Hal seperti itulah yang biasa menyebabkan akun anda dianggap memberikan resiko kepada orang lain.

8. Anda menyukai halaman fan terlalu banyak

Ada batasan menyukai halaman fan/fanpage setiap harinya.Jangan dilanjutkan jika anda sudah mendapatkan peringatan terlalu banyak memberikan like fanpage.

9. Berafiliasi dengan halaman/page Organisasi yang Diragukan atau melanggar.


10. Memiliki lebih dari satu akun

Memiliki banyak akun bisa mengambil resiko akun dinonaktifkan.Teknologi jaringan komputer bisa menandai aktifitas sebuah komputer melalui sebuah alamat IP.Jadi jangan beranggapan BOt tidak mengetahui jika anda memiliki banyak akun.Jika anda memiliki akun lain yang tidak penting, sebaiknya dihapus saja,Caranya klik disini

11. Profil Facebook hanya untuk manusia!


Jikaa Anda membuat profil di facebook untuk anjing atau kucing anda, organisasi atau apa pun selain manusia normal, jangan berharap tim facebook akan mengabaikan itu.

12. Menggunakan tanggal lahir palsu


Nggak mungkin kan Anda lahir ditahun 1890?,,,Hal seperti itulah yang dimaksud dengan menggunakan tanggal lahir palsu.Walaupun ini kecil kemungkinan, namun bisa jadi akan menyebabkan fb anda disuspend

13. Penulisan materi berhak cipta

Memuat materi postingan yang melanggar hak cipta bisa mengakibatkan akun fb kena banned.Jadi berhati hatilah.Misalnya gambar/foto dan lain-lain.

14. Akun Anda sudah banyak dilaporkan oleh orang-orang

Ini bisa diakibatkan pada penyebab pada nomor 2,3,4,5,6 dan 7 diatas, dimana ada pengguna lain yang merasa tidak nyaman dengan tingkah anda.

Jika anda telah mendapatkan akun telah dinonaktifkan, jangan panik dulu.Sebab ada akun yang hanya dinonaktifkan sementara, dan kemudian akan dikembalikan lagi.Jika pelanggaran anda tidak berat, tunggu beberapa waktu hingga 1 bulan untuk mendapatkan pesan melalui email jika akun sudah diaktifkan kembali.

Jumat, 29 Maret 2013

Apa itu Karburator dan penggunaannya pada mesin otomotif

Fungsi utama Karburator adalah untuk mencampur bahan bakar dan udara pada mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).

Mengenal sejarah karburator 

Karburator pertama ditemukan oleh Karlz ben pada tahun 1885 dan kemudian dipatenkan pada tahun 1886. Insinyur berkebangsaan Hungaria yang bernama Janos Csonka dan Donat Banki juga mendesain alat yang serupa pada tahun 1893.Namun Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris lah yang pertama kali melakukan percobaan karburator pada mesin mobil. Dan kemudian Pada tahun 1896, Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang bermesin pembakaran dalam berbahan bakar bensin 1 silinder.Tidak puas dengan hasil yang didapat, mereka kemudian membangun ulang mesin tersebut menjadi dua silinder horisontal sekaligus mendesain ulang karburator rancangan mereka.Pada tahun 1900 adalah keberhasilan mereka, dimana dengan mesin buatannya tersebut mereka mampu menyelesaikan perjalanan tour 1.000 mil .Inilah langkah awal kemajuan penggunaan karburator dalam bidang otomotif.

Penggunaan Karburator

Karburator umum dipergunakan untuk mesin berbahan bakar bensin hingga akhir 1980-an. Setelah itu mulai banyak mesin mobil yang menggunakan kontrol bahan bakar sistem elektronik, atau sistem injeksi bahan bakar yang kita kenal hingga saat ini.Sistem injeksi/kontrol elektronik dikenal lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar bensin, sehingga banyak mesin mobil yang sudah beralih dari karburator.

Pada sepeda motor, karburator masih dipergunakan,karena sistem karburator lebih ringan dan murah setidaknya sebelum tahun 2005.Namun sekarang ini, produksi sepeda motor baru kebanyakan sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi.

Karburator dibedakan jenisnya menurut arah aliran udara, yaitu type barel dan tipe venturi.

Arah aliran udara pada karburator
Aliran udara turun (downdraft), udara masuk dari bagian atas karburator lalu keluar melalui bagian bawah karburator.
Aliran udara datar (sidedraft), udara masuk dari sisi samping dan mengalir dengan arah mendatar lalu keluar lewat sisi sebelahnya.
Aliran udara naik (updraft), kebalikan dari aliran turun, udara masuk dari bawah lalu keluar melalui bagian atas.

Type karburator Barel
Barel adalah saluran udara yang didalamnya terdapat venturi.
  1. Single barel, hanya memiliki satu barel. Umumnya digunakan pada sepeda motor atau mobil dengan kapasitas mesin kecil.
  2. Multi barel atau lebih dari satu barel, biasanya ada dua atau empat barel.Multi barel dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan mesin akan aliran udara yang lebih besar, yaitu untuk mesin dengan kapasitas yang besar.
Type karburator Venturi
  1. Venturi Tetap,yaitu ukuran venturi dibuat selalu tetap.Besarnya aliran udara yang melewati venturi diatur oleh pedal gas yang mengatur katup udara.
  2. Venturi bergerak, pada tipe ini pedal gas akan mengatur besarnya venturi dengan piston yang naik-turun, sehingga celah venturi yang dapat dibentuk   berubah-ubah.Piston venturi yang naik turun ini akan disertai dengan naik-turunnya needle jet, dimana ini yang mengatur bahan bakar yang dapat tertarik beserta aliran udara.
Karburator bekerja menggunakan Prinsip dasar Bernoulli, yaitu semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya. Pedal gas sebenarnya tidak mengendalikan aliran bahan bakar secara langsung, namun hanya mengatur besar kecilnya aliran udara yang masuk. Udara yang bergerak dalam karburator inilah yang akan menghasilkan tekanan untuk menarik bahan bakar masuk kedalam ruang bakar.
Kebanyakan mesin hanya menggunakan karburator sebanyak satu buah saja, tetapi ada beberapa type dan jenis kendaraan tertentu yang menggunakan satu karburator untuk setiap silindernya.

Dalam pekerjaannya, karburator harus dapat:

  • Mengatur besar kecilnya aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar sesuai kebutuhan.
  • Mengirim bahan bakar sesuai dengan aliran udara yang masuk, artinya rasio pencampuran udara dan bahan bakar harus tetap terjaga.
  • Karburator harus dapat memproduksi campuran bensin/udara yang tepat dalam kondisi apapun, yaitu karburator harus mampu beroperasi dalam keadaan mesin seperti:
    • Menghidupkan mesin saat dalam keadaan dingin
    • Menghidupkan mesin saat dalam keadaan panas
    • Mampu menjaga mesin hidup pada putaran Langsam/idel
    • memberikan Akselarasi ketika tiba-tiba membuka gas
    • Memberikan Kecepatan tinggi pada saat tekanan pedal gas penuh
    • Mampu memberikan kecepatan stabil sesuai dengan keadaan tekanan gas.
    • Karburator juga harus mampu menekan jumlah emisi sebaik baiknya.

Kamis, 28 Maret 2013

Tidak bisa mengakses situs karena ada pesan Connection Untrusted

Terkadang saat kita mengakses sebuah situs muncul pesan Connection Untrusted pada laman browser.Pesan tersebut biasanya akan muncul pada situs yang menggunakan protokol SSL , dimana semua sambungan yang menggunakan menggunakan protokol SSL akan dienskripsi untuk memberikan keamanan akses data kepada user.Situs yang menggunakan protokol SSL ditandai dengan url yang menggunakan https://, jika tidak maka hanya menggunakan http://.Hanya komputer yang menggunakan sertifikat syah saja yang bisa mengaksesnya pada browser.Biasanya situs yang menggunakan sertifikat SSL adalah situs yang berhubungan dengan penyimpanan dan pengiriman data user yang dianggap penting untuk dilindungi.Situs yang menggunakan sambungan terenskripsi/SSL contohnya: gmail, blogger, facebook, situs-situs internet banking, situs jual beli/keuangan dll.

Apa sih SSL itu?,,SSL adalah kependekan dari Secure Layer Socket, yang artinya sambungan yang menggunakan protokol khusus dimana data yang keluar masuk akan dienskripsi demi keamanan.

Lalu kenapa terkadang browser menampilan pesan yang berisi This connection is untrusted?,, yang dilanjutkan dengan pesan sertifikat dikatakan kadaluarsa atau sambungan tidak dipercaya?,,Hal ini karena setiap browser sudah dilengkapi dengan algoritma yang bertujuan untuk keamanan privasi pengguna dan keamanan komputer.

Jika anda menemukan masalah seperti ini, jangan khawatir karena cara mengatasinya tidaklah sulit.


Bukalah situs yang menggunakan protokol SSL atau HTTPS, dan jika menampilkan pesan "This Connection is Untrusted" > klik I Understand the Risks >   Add Exception.Selanjutnya akan muncul kotak dialog>klik "Get Certificate" > kemudian "Confirm Security Exception". Kemudian tutup browser anda dan buka kembali, dan kini seharusnya komputer anda sudah bisa mengakses sambungan terinskripsi (SSL) tanpa muncul pesan " This Connection is Untrusted" lagi.

Lalu bagaimana jika browser masih tetap tidak bisa digunakan untuk mengakses HTTPS?,, tentu ada yang salah dengan komputer anda.


Pada pesan munculan tersebut juga dijelaskan jika "komputer menggunakan sertifikat yang kadaluarsa".Jika begini Berarti informasi dari komputer anda dianggap tidak sesuai dengan waktu saat anda melakukan browsing HTTPS.Bisa dipastikan penyebabnya adalah waktu dan tanggal yang disetting pada komputer anda tidak cocok dengan tanggal dan waktu pada hari itu.

Periksalah setting tanggal dan waktu pada komputer anda, dengan jalan klik jam yang ada di pojok kiri bawah dekstop nanti akan muncul kotak dialog.Atur jam sesuai dengan tanggal dan waktu saat ini.Setelah itu restart browser anda dan coba buka kembali situs HTTPS.

Kalender dan waktu pada komputer kecil kemungkinan berubah dengan sendirinya, kecuali komputer habis diinstall ulang atau komputer sudah kehabisan baterai CMOS.Baterai CMOs kegunaan salah satunya adalah menjaga agar tanggal dan waktu tetap berjalan meskipun komputer dimatikan.Cobalah matikan komputer beberapa lama, jika kalender dan waktu tidak akurat lagi saat komputer dihidupkan, maka dipastikan jika baterai cmos komputer anda waktunya untuk diganti.Jangan menyepelekan fungsi tanggal dan waktu pada komputer, itu sangat penting terutama nanti jika menggunakan sistem restore.Semoga membantu!

Pentingnya proses shutdown saat mematikan komputer

Seringkali seseorang yang terburu buru mematikan komputer secara langsung menggunakan tombol power tanpa melalui proses shutdown.Memang cara ini seolah tak berpengaruh terhadap komputer, tapi jika terlalu sering dilakukan akan beresiko tinggi mempercepat kerusakan pada komputer.
Komputer mati mendadan tanpa melalui proses shutdown juga seringkali diakibatkan oleh putusnya tegangan listrik secara mendadak, untuk itu pakailah alat pengaman (UPS).

Mengapa proses shutdown itu penting?, berikut alasannya:


1.Registrasi ulang software dan data

Pada saat proses Shutdown, komputer melakukan registrasi ulang terhadap komponen yang digunakan serta software dan data telah dipakai
atau yang di hapus.Jika komputer secara langsung dimatikan, software dan data yang telah digunakan tidak disimpan kedalam registri,
sehingga suatu saat ada masalah maka komputer tidak dapat menjalankan system restore berdasarkan tanggal dan waktu yang di tetapkan.

2.Prosesor memberi perintah kepada bios

Pada saat proses Shutdown, processor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan seluruh kerja komponen , sehingga arus atau daya yang dipakai akan diputus secara normal.Jika kita mematikan secara langsung maka komponen -komponen akan mati tanpa dilakukan pemutusan arus secara normal, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada komponen komputer.


3.Mendinginkan prosesor

Pada saat proses Shutdown, fan komputer akan berputar dua kali lebih cepat agar processor segera dingin, jadi kalau komputer mati secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara optimal.Saat shutdown komputer akan melakukan saving setting dan konfigurasi termasuk deleteting cached atau page file yang sudah disetting.Karena pekerjaan ini menguras resources, maka suhu processor juga akan meningkat.Akibatnya system power  akan bekerja, dan fan juga akan ikut meningkat putarannya.

4. Merefresh memori

Pada saat proses Shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh.Jika kita sering mematikan komputer secara langsung, maka kemungkinan besar memory bisa rusak.

5. Hardisk akan menyimpan data kedalam registry

Pada saat proses Shutdown, hard disk akan menyimpan data serta menyalin data komponen dan data software kedalam
registry komputer.Dan jika komputer dimatikan secara langsung, maka data komponen dan software tidak disimpan pada registry.Akibatnya, sistem operasi dan software akan error karena banyak terjadi kehilangan file/data.
Selain itu jika melalui proses shutdown, head harddisk akan kembali ke posisi awal (posisi tidak membaca hard disk).Jika komputer mati secara langsung maka posisi head hard disk masih tetap berada di tengah-tengah silinder hard disk, akibatnya pada saat komputer dihidupkan kembali dapat merusak silinder hard disk yang akan berakibat terjadi hardisk Bad sector dan lama kelamaan akan menyebabkan hard disk rusak.

Tidak bisa ditawar lagi, mematikan komputer tanpa proses shutdown dalam jangka panjang akan menyebabkan komputer cepat rusak.Dalam jangka pendek, komputer akan terasa cepat menurun kinerjanya.

Cara Agar Komputer awet

Komputer rusak adalah hal yang biasa, namun bagaimana jika kerusakan tersebut terlalu sering kita alami?...tentu ada yang salah dengan komputer tersebut, yang dapat diakibatkan oleh cara penggunaan dan kurangnya perawatan.

Berikut penyebab komputer cepat rusak dan cara-cara merawat komputer agar bisa lebih awet:


Kabel power dan pemasangannya

Perhatikan kabel power yang menghubungkan power supply dan listrik.Saat memasang kabel power harus benar-benar maksimal, artinya kabel harus dalam kondisi yang baik dan stekernya tidak longgar.Komputer PC lebih tinggi memakai daya listrik, jika koneksinya kurang baik akan mengakibatkan suplai arus tidak lancar.Buruknya suplai arus akan mengakibatkan daya tidak stabil, sehingga akan mempercepat umur power supply.Arus listrik yang tidak lancar biasanya ditandai dengan komputer sering restart dan bahkan hang.

Pergunakan stabilizer voltage (stavolt)

Listrik rumahan tidak selamanya stabil, terkadang arus listrik bisa turun dan naik.JIka sampai arus listrik melonjak tiba-tiba akan sangat membahayakan hardware terutama power supplay dan mainboard.Dengan stabilizer, tegangan akan tetap stabil dan kinerja hardware akan terjaga dengan maksimal.

Matikan komputer melalui proses shutdown

Jangan suka mematikan komputer secara langsung tanpa melalui proses shutdown.Dan untuk menghindari komputer mati mendadak akibat listrik padam, maka lengkapi komputer dengan UPS.UPS adalah perangkat untuk mengamankan komputer pada saat listrik padam.UPS ini bekerja dengan cara menyimpan arus pada baterainya, dan akan otomatis dialirkan jika listrik tiba-tiba padam.UPS sangat penting, mengingat listrik di negara kita masih sering byar pet.Manfaat lain dari UPS tak kalah besarnya, baca klik disini.
Komputer yang sering mati tiba-tiba (tanpa proses shutdown) akan meyebabkan hardware dan software cepat rusak, baca: pentingnya mematikan komputer melalui proses shutdown.


Perhatikan Ventilasi

Letakkan PC maupun monitor pada tempat yamg lega, sehingga sirkulasi udara dari dan ke monitor / PC lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan pada hardware, sehingga dapat memperpendek umur mereka. Berikan jarak pada belakang monitor maupun PC  terhadap dinding minimal 30 cm.

Pergunakan komputer sesuai spesifikasi

Jika VGA komputer anda yang berkelas medium atau low, sebaiknya tidak menjalankan game yang membutuhkan spek tinggi komputer.Jadi lihatlah spesifikasi game yang akan dimainkan apakah sesuai dengan spesifikasi hardware yang mendukung komputer anda.

Defragmentasi hardisk berkala

Tujuan utama dari defrag hardisk adalah menata file-file yang ada di harddisk berdasarkan jenis file/data , agar mempermudah proses read/write proses baca akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter.Atau mengunakan bantuan software perawatan tertentu yang banyak tersedia.Atau periksa kondisi hardisk secara berkala, klik disini

Tutup program yang tidak dipergunakan

Seringkali kita malas menutup sebuah program yang sudah tidak terpakai.Sebaiknya di close agar RAM tidak cepat penuh, sehingga akan mempengaruhi kinerja.Hal ini pada akhirnya akan membebani hardware yang lain sehingga lebih panas dan umurnya tentu akan menjadi lebih pendek.

Usahakan hardisk selega mungkin

Hardisk yang kondisinya 80% terpakai akan mempengaruhi kinerja, dimana proses baca akan menjadi lebih berat. Sebaiknya hapus seluruh file sementara /temporari file, hapus file direcycle bin dan hapus file-file sampah yang tidak berguna di penyimpanan PC anda.Bersihkan recycle bin Caranya buka Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin.Atau dengan cara  menjalankan fungsi Disk Cleanup , Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup >  pilih drive yg mau dibersihkan > centangi opsi Recycle Bin, dan centangi juga yg lain  seperti temporary file, temporary internet file > klik OK.Cara lain menghapus file sementara bisa menggunakan software semacam CC cleaner atau tuneup utilitys.

Uninstall program tak berguna

Menguninstal Program yg tidak berguna akan mengefektifkan Ruang harddisk sehingga proses read/write harddisk akan semakin ringan.Jika hardisk terlalu banyak dijejali program sampah kinerjanya juga akan semakin lambat, dan pada akhirnya akan mepercepat kerusakannya.

Periksa CPU USAGE

CPU usage yang normal akan menghasilkan grafik yang naik turun sesuai penggunaan saat itu.Jika CPU usage datar diatas alias 100%, sebaiknya segera ditangani.Caranya baca pada : Cara mengatasi CPU usage 100%

Bersihkan motherboard dan hardware

Debu-debu yang menumpuk pada motherboard atau pada periferal yang lain juga bisa berpengaruh, yakni terhambatnya perjalanan listrik pada hardware PC.Terutama pada kipas pendingin, kipas akan berkurang putarannya sehingga CPU akan lebih panas. Paling tidak 6 bulan sekali buka tutup PC anda, lepas chipset dan kabel kabel, bersihkan semua hardware dari debu dengan sikat halus.

Pasang antivirus terbaik

Virus memang mengganggu komputer, walaupun secara tidak langsung virus dapat merusak hardware.Biasanya virus berjalan dibelakang dan akan melakukan permintaan terus menerus pada prosesor.Dengan demikian prosesor akan kewalahan dan cepat panas, yang pada akhirnya bisa merusaknya.Semakin tinggi kerja prosesor, maka semakin keras pula beban power supply.Dan akhirnya secara tak langsung  power supply juga bisa meleduk karena virus.Mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu baca juga: Agar komputer tehindar dari virus

VGA dan Power supply

Jika komputer kamu habis upgrade VGA kepada kelas high, sebaiknya upgrade juga power supplynya.Jika power supply kekuatannya tak seimbang dengan VGA maka power supply akan cepat rusak.Perlu diketahui, power supply yang rusak beresiko juga menghantam hardware yang lain terutama motherboard.

Kasih grounding

Biasanya rata-rata PC (terutama rakitan) bodynya sedikit nyetrum jika disentuh.Hal ini karena adanya kebocoran pada Power supply, dan ini normal-normal saja.Sebaiknya PC diberikan grounding untuk meredam/menetralkan  arus bocoran tersebut.Hal ini agar bocoran listrik tersebut tidak mengganggu komponen-komponen PC yang lebih halus.Cara memberi grounding: Ambil kabel, ujung satunya beri paku 10 CM yang ditancapkan pada tanah, dan ujung satunya lagi dibaut pada body PC.

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan, agar komputer lebih awet dan selalu nyaman dipergunakan.

Rabu, 27 Maret 2013

Cara mencuci mobil yang benar

Mencuci mobil akan terdengar sebagai pekerjaan yang sepele, yakni tidak memerlukan pengetahuan teknis secara khusus.Memang benar, namun salah dalam mencuci mobil justru akan mengakibatkan masalah yang tidak kecil.Cat mobil justru akan lebih cepat terlihat kusam, jika salah dalam melakukan pekerjaan pencucian mobil ini.Walaupun banyak tukang cuci dipinggir jalan, namun terkadang kita ingin mencucinya sendiri.

Berikut Tips cara mencuci mobil yang benar


Jangan cuci mobil dibawah terik matahari

Kalau bisa mencuci mobil dilakukan dipagi hari atau disore hari, dimana sinar matahari tidak terasa panas.Kalaupun mencuci disiang hari yang panas, sebaiknya dilakukan didalam tempat yang terlindungi.Titik air yang terkena panas akan menguap dan meninggalkan kerak yang sangat sulit dihilangkan, apalagi air mengandung bahan tertentu.

Lap debu yang menempel

Jika body mobil anda diselimuti debu,  sebelum diguyur air sebaiknya di lap menggunakan kemoceng halus/bulu ayam agar debu berkurang.Langsung melap body mobil dengan air dan lap basah tanpa membersihkan debu bisa mengakibatkan cat tergores partikel debu.Terurama untuk anda yang berada diwilayah yang ada gunung berapi aktifnya, biasanya abu gunung akan menempel pada mobil.

Semprot body mobil

Semprot terlebih dahulu seluruh body mobil menggunakan alat semprotan air , untuk menghilangkan debu atau tanah/pasir yang menempel.Ini dilakukan jika tidak ada lap kemoceng, atau bisa dilakukan setelah body dilap kemoceng.Maksudnya sama, agar kotoran yang menempel tidak menggores saat dilap dengan air.

Guyur mobil sambil dilap

Lap sisa kotoran yang menempel dengan menggunakan lap khusus pencuci mobil dengan cara bersamaan sambil diguyur air pada daerah yang dilap.Gunakan air yang mengalir(pakai slang), jangan menaruh diember sambil lap dibasahi.Ini untuk meminimalisir terjadinya goresan akibat kotoran yang menempel.

Cuci dengan shampoo

Setelah proses guyur diatas selesai, lanjutkan dengan menyabun seluruh body dengan shampoo mobil dengan bantuan lap bersih dan halus.Shampoo rambutpun nggak masalah, asal tak mengandung deterjen.Setelah seluruh body habis dishampoo, bilas dengan cara diguyur kembali body mobil dengan menggunakan slang.Lakukan sekaligus sambil dilap basah untuk menghilangkan sisa shampoo.Lap seluruh body hingga shampoo yang menempel benar-benar  bersih.Dengan menggunakan shampoo, permukaan body mobil akan bersih betul, terutama dari sisa minyak.

Di Lap kering

Jangan menunggu terlalu lama setelah mobil habis dicuci, segera dilap secepat mungkin sampai permukaan body kering betul.Sebab jika masih ada air, akan meninggalkan bekas jika mobil akan terkena panas matahari.
Lap seluruhnya hingga  pada celah-celah pintu, agar tidak ada sisa air yang tertinggal, sehingga menimbulkan karat.

Cuci ban

Ban mobil jangan sampai luput, cucilah dengan cara dibasahi dan kemudian disikat dengan air sabun lalu bilas dengan air hingga bersih.Hal ini dilakukan agar sisa-sisa minyak atau olie yang menempel diban hilang.Selain ban akan kelihatan lebih hitam dan bersih, ban akan lebih awet karena terbebas dari minyak yang mungkin menempel.

Tips

Jika anda lebih suka mencuci mobil dirumah, dilakukan oleh sopir maupun anda sendiri. Sebaiknya sebulan sekali cucilah mobil ditempat yang menyediakan cuci kolong casis.Walaupun tak terlihat, casis atau kolong mobil ini juga perlu perhatian.Terutama dimusim penghujan, hal ini agar casis maupun body bagian bawah tidak cepat berkarat maupun keropos.

Minggu, 17 Maret 2013

Fungsi Sensor-sensor Pada Sistem Bahan bakar Injeksi

Hampir semua pemain sepeda motor terbesar di Indonesia sekarang ini berlomba-lomba menciptakan tunggangan dengan efisiensi bahan bakar yang baik.Terciptanya teknologi EFI yang diperuntukkan bagi sistem suplay bahan bakar ini diklaim lebih irit bahan bakar ketimbang teknologi pendahulunya, karburator.Electronic Fuel Injection (EFI) menggunakan sistem yang diatur secara komputer oleh perangkat elektronik yang disebut ECU (Electronic Control Unit).ECU ini ibarat CPU pada komputer kita, dimana ia akan memproses permintaan dari sensor-sensor yang disebar pada bagian bagian mesin tertentu.
ECU akan mengolah data yang dikirim sensor-sensor yang sesuai dengan keadaan mesin, dimana pada saat mesin berputar idel, putaran tinggi, mesin saat masih dingin, mesin saat panas.ECU akan bertugas mengatur berapa banyak bahan bakar atau udara yang diperlukan mesin, kapan saatnya bagi pengapian untuk bekerja yang telah disesuaikan dengan keadaan mesin sesuai laporan dari sensor-sensor.

Bicara tentang sensor pada EFI, apa sajakah sensor sensor tersebut?,,,

Inilah dia beberapa sensor-sensor utama pada motor injeksi dan fungsinya:


Sensor IAT(Intake Air Temperature)

IAT sensor ini bertugas menyesuaikan rasio perubahan suhu pada intake, kemudian informasi akan diterima ECU dan jumlah bahan bakar akan dikirim sesuai dengan kondisi suhu mesin.IAT bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body dan mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal.

Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

Sensor MAP bertugas untuk mendeteksi perubahan tekanan vakum di dalam intake manifold, kemudian perubahan tekanan tersebut akan diubah menjadi sinyal yang akan diterima ECU.Dari informasi ini, ECU kemudian menghitung jumlah aliran udara intake.Sensor MAP ini digunakan terutama untuk menghitung jumlah kiriman injeksi bahan bakar pada saat beban rendah.

Sensor TP (Throttle Position)

Sensor TP berguna untuk mendeteksi bukaan throttle, kemudian hasilnya akan dikirim ke ECU dalam bentuk sinyal listrik.Sensor TP bertugas memberikan informasi pada ECU untuk menghitung jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan pada kerja mesin saat beban tinggi.


Sensor ECT(Engine Coolant Temperature)

Sensor ECT bertugas untuk mendeteksi keadaan suhu mesin, biasanya dipasang pada radiator untuk mesin berpendingin cairan.Dengan adanya sensor ECT, ECU akan mengirimkan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan suhu mesin, sehingga lebih optimal.


Sensor CKP (Crankshaft Position)

Sensor CKP sensor dipasang untuk mendeteksi posisi crankshaft. Sinyal informasi yang dikirim sensor CKP ke ECU untuk ditentukan kapan waktu penyemprotan bahan bakar, berapa lama penyemprotan, menghentikan bahan bakar pada waktu deselerasi dan menentukan saat pengapian.

Sensor O2

Sensor O2 berguna untuk mendeteksi gas buang terhadap zat-zat beracun dan mendeteksi kondisi pembakaran mesin. Informasi mengenai berapa jumlah oksigen didalam gas buang akan dikirim ke ECU , dan selanjutnya ECU akan menaikkankan atau menurunkan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan sesuai dengan kondisi pembakaran.Dengan adanya sendor 02 ini, jumlah bahan bakar akan selalu dalam takaran/campuran yang optimal, hal ini akan menjadikan mesin lebih irit dan lebih rendah emisi.


Gangguan umum pada sensor-sensor EFI


Apakah sensor-sensor ini bisa rusak?, apa akibatnya?, dan bagaimana cara mengetahuinya?
Namanya saja piranti buatan manusia, tentu saja bisa mengalalami kegagalan kerja atau rusak.Akibatnya tentu bisa bermacam-macam tergantung sensor apa yang mengalami gangguan.Misalnya jika yang bermasalah adalah sensor TP, maka mesin akan menjadi tidak responsif, atau jika yang gagal adalah sensor CKP dan ECT maka mesin akan susah distarter atau dihidupkan.
Gangguan pada Sensor dapat diketahui dengan melihat kedipan pada lampu check engine pada panel indikator.Kedipan pada check engine ini berbeda tergantung dari sensor apa yang mengalami gangguan.Namun untuk mengetahui sensor apa yang mengalami kegagalan, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat pendiagnosa (diagnostic tool).Beberapa penyebab kenapa sensor sensor pada sistem injeksi bermasalah, yaitu:Tegangan listrik yang menghidupkan sensor dan ECU tidak sesuai, kotornya sambungan-sambungan/socket kelistrikan pada sistem ECU, konsleting pada sirkuit ECU atau karena adanya kerusakan pada peralatan elektronik ECU.

Demikian secara singkat mengenai fungsi dan cara kerja sensor-sensor pada sistem EFI, dan beberapa hal yang bisa menggangu kerja sensor.

Jumat, 15 Maret 2013

Penyebab dan cara mengatasi Komputer sering Hang

Pada suatu saat ketika kita mengoperasikan komputer, tiba tiba semua tombol pada kibord dan mouse macet.Itulah yang disebut dengan komputer mengalami hang, dan komputer hang adalah masalah yang umum atau sering terjadi.Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer menjadi hang, yaitu masalah hardware , software dan masalah kabel dan sambungan.

Masalah Kabel dan sambungan

Ini adalah langkah yang paling awal harus dilakukan sebelum kita menginvestigasi permasalahan pada komputer sering hang.Kabel dan sambungan yang kurang baik bisa menyebabkan komputer hang.Coba periksa kabel kabel dari power supply yang menghubungkan dengan hardisk, pastikan sambungan dan kabel dalam kondisi baik.Sebaiknya lepas semua RAM, VGA, atau kabel kabel lain yang menghubungkan motherboard dengan Power supply.Kemudian periksa dan bersihkan semua pin-pin RAM,VGA dan konektor kabel dan bersihkan.Pasang kembali dengan benar, dan pastikan sambungan kabel masih menancap dengan baik.

Jika tidak mengatasi masalah, lanjutkan dengan langkah-langkah mengatasi komputer hang berikut ini:


Masalah pada Hardisk

Hardisk yang terlalu banyak menyimpan file, misalnya sudah mendekati 90% sehingga menjadi berat.Sebaiknya tata ulang susunan menyimpan file dengan baik, hapus file apapun yang tidak dipakai.Hardisk Badsector, RPM rendah juga bisa menjadi masalah, lakukan pemeriksaan hardisk secara berkala,caranya  baca disini.

Masalah software

Apakah Anda baru saja menginstall sebuah software?,,,
Bisa jadi software tersebut tidak didukung oleh sistem operasi komputer anda.
Software yang korup, tidak terinstal dengan sempurna, mengandung virus atau konflik dengan software lain.Scan komputer Anda dengan antivirus komputer  terbaik.
Performa komputer yang lebih rendah dari requirement sebuah software juga bisa menyebabkan komputer sering hang karena prosesor kepanasan atau kurang tinggi speknya.


Program berjalan dibelakang
Banyaknya program atau statup yang berjalan dibelakang bisa mengakibatkan CPU menjadi kerepotan sehingga panas kemudian hang.Hal tersebut bisa juga karena adanya virus atau malmware lainnya pada sistem anda.Kalau ini yang terjadi, biasanya akan ditandai dengan CPU Usage 100%.

OS komputer bermasalah/korup
OS komputer rentan mengalami kerusakan, jika sering menggunakan komputer dengan cara yang tidak benar. Misalnya komputer sering mati tanpa prosedur shut down, atau menginstall software yang mengandung virus dsb.Sebelum menginstal ulang atau repair OS, sebaiknya coba PC discan dengan antivirus terbaik dan bersihkan registry error menggunakan software utility.

Masalah hardware

Hardware yang tidak terinstal dengan baik bisa menyebabkan komputer menjadi hang.Atau hardware yang tidak didukung oleh sistem BIOS (Jika baru menginstal hardware baru).Periksa apakah VGA yang baru diuprade sudah dalam keadaan benar dan sesuai dengan drivernya?,,.Pastikan juga jika VGA yang baru anda install requirementya sesuai dengan type mainboard PC anda.

RAM bermasalah/kapasitasnya terlalu minim.
RAM yang rusak bisa saja mengakibatkan komputer hang, namun pastikan dulu apakah pin bersih dan terpasang dengan baik.Kerusakan pada RAM tidak selalu rusak total 100%, bahkan RAM bisa saja mengalami kerusakan 30%.Pastikan kapasitas memori RAM masih sesuai dengan memori fisiknya.Jika perlu upgrade memori RAM, jika suka menjalankan banyak software sekaligus.

Pendingin CPU/heatsink fan bermasalah
Fan CPU yang sudah menurun kinerjanya akan memberikan pendinginan yang kurang maksimal.Jika sampai CPU kepanasan, kemungkinan PC menjadi hang sangat besar, bahkan CPU bisa terbakar.Coba perhatikan apakah fan mengeluarkan bunyi dengungan keras, coba bersihkan dan lumasi kalau perlu.Selanjutnya periksa melalui BIOS > PC Health , kemudian lihat apakah RPM dari fan CPU masih berada pada putaran 2500RPM hingga 3000RPM.Jika RPM fan sudah  dibawah dari 2000RPM, berarti fan sudah aus dan harus diganti.

Jika semua upaya perbaikan diatas tidak membawa perubahan/pemulihan, mungkin ada baiknya pasrahkan kepada teknisi komputer pro.Hal ini untuk menghindari biaya yang seharusnya tidak perlu akibat salah diagnosa.

Tips Merawat Aki motor agar awet

Aki merupakan sumber arus listrik utama pada sistem kelistrikan sepeda  motor.Untuk menghidupkan motor starter, arus listrik dari aki lah yang akan mengambil peranan.Jadi peranan aki ini sangat penting bagi yang tak mau repot saat berkendara.Agar umur aki bisa lebih tahan lama, sebaiknya cara perawatannya lebih diperhatikan.
Jenis Aki yang dipergunakan pada sepeda motor dikenal ada 2 type, yaitu type aki basah dan aki kering.Namun khusus untuk aki kering, saya kira perawatannya lebih mudah daripada type aki basah.

Pada perawatan yang benar, aki sepeda motor bisa tahan hingga 2 tahun bahkan lebih.Namun masih banyak pemilik kendaraan yang harus mengganti aki bahkan sebelum 1 tahun pemakaian.

Berikut tips merawat aki type basah agar awet:


Jangan biarkan Aki terlalu lama kekurangan cairan

Air aki berkurang itu adalah hal yang wajar, karena ada proses penguapan saat pengisian.Namun yang harus diperhatikan, kita harus rajin mengontrolnya minimal 1 bulan sekali.Lihat batas pengisian, jangan sampai air aki dibawah batas "lower" dalam jangka yang lama.Hal ini karena hanya zat H20 saja yang bisa menguap, sedangkan zat H2SO4 masih tetap berada didalam aki.H2SO4 yang masih tertinggal inilah yang akan merusak besi didalam sel sel aki.

Jangan isi Air aki terlalu banyak

Pada saat kita menambah cairan bening pada aki, perhatikanlah batas tertinggi atau "upper".Jangan sampai air aki bening yang ditambahkan kapasitasnya melebihi batas maksimal (upper).Hal ini karena kemungkinan akan terjadinya karat pada logam besi yang didalam aki menjadi lebih tinggi, yang disebabkan oleh oksidasi antara logam dan H2SO4 yang terkandung dalam air aki.

Perhatikan lubang ventilasinya

Lubang ventilasi pada aki berguna untuk sirkulasi atau pembuangan uap.Biasanya lubang ventilasi aki ini diberi slang, maka pastikan slang ini tidak terjepit atau tersumbat.Bahkan aki bisa meleduk jika sampai lubang ventilasinya tersumbat, karena pada saat proses pengisian uap tidak bisa keluar.

Bersihkan secara rutin terminal aki

Biasanya terminal pada aki akan dipenuhi oleh kerak.Kerak ini jika tidak dibersihkan bisa menghambat suplay listrik dan bisa menghancurkan terminal.Jika terminal sampai ludes, tentunya aki tidak bisa dihubungkan dengan kabel kelistrikan.Pada umumnya kerak ini akan menghambat baut, sehingga sulit dibuka lagi.cara mebersihkannya cukup mudah, siram kerak ini dengan menggunakan air panas.

Jangan sering paksakan electric starter

Jika mesin sepeda sepertinya sulit dihidupkan dengan tombol electric starter (misalnya saat mesin dingin), sebaiknya  pergunakan kick starter.Tekanan pada pedal kick starter lebih kuat dari starter, sehingga mesin akan lebih mudah hidup.Memencet tombol motor starter yang terlalu lama bisa mengakibatkan aki cepat tekor, air aki lebih cepat berkurang dan bisa memperpendek umur aki.

Senin, 11 Maret 2013

Penyebab dan cara mengatasi Komputer restart sendiri

Salah satu masalah komputer yang paling sering ditemui adalah komputer restart-restart sendiri.Hal ini tentu membuat jengkel kita saat sedang beraktifitas dengan komputer tersebut.

Pada saat komputer restart sendiri, sistem operasi maupun software yang sedang dijalankan akan menutup secara paksa, jadi beda dengan komputer yang direstart sesuai prosedur yang benar.Maka akibatnya dapat merusak operating sistem komputer.
Kemungkinannya bisa mengakibatkan kerusakan hardware tertentu juga besar sekali.Untuk itu jangan didiamkan terlalu lama untuk masalah komputer yang satu ini, karena akibatnya pasti akan menjadi lebih parah lagi.

Berikut penyebab dan cara mengatasi komputer restart sendiri

Untuk penanganan yang pertamakalinya (OS windows), cobalah Anda untuk melakukan setting, yaitu Masuk start > Control panel >  pada jendela "System Properties", buka tab Advanced kemudian klik Settings yang dibawah "Startup and Recovery".Hilangkan tanda centang pada "Automatically restart" yang berada dibawah "System Failure" kemudian Klik "OK", lihat gambar:

Penyebab dan cara mengatasi Komputer restart sendiri

Jika cara diatas tidak membantu, baru kemudian lakukan beberapa langkah investigasi dibawah ini:

1.Pastikan Tegangan listrik stabil

Tegangan listrik rumah yang tiba-tiba menurun atau melonjak secara tiba-tiba sering menjadi penyebabnya.Jadi, sebaiknya komputer (PC) dilengkapi dengan stabilizer voltage( stavolt).

2.Periksa kabel power/kabel daya

Coba diperiksa apakah konektor kabel power yang menghubungkan tegangan ke PSU/komputer tidak longgar.Steker listrik atau  konektor kabel power yang longgar (ngefong), seringkali menjadi penyebab utama komputer restart sendiri.Pastikan jika sambungan-sambungan/konektor tersebut masih singset dan terkoneksi dengan baik.Jika ada yang longgar, sebaiknya kabel power diganti.
Kerusakan pada kabel power ini umumnya terjadi pada konektor dan kabel dalam putus.Kabel power yang rusak sudah longgar merupakan yang paling sering menjadi penyebabnya.Harganya sangat murah, untuk itu pastikan kabel power ini selalu dalam kondisi terbaik.

3.Power supply

Power supply yang tidak normal salah satunya adalah menghasilkan voltase yang tidak sesuai, atau tidak stabil.Periksa berapa tegangan dari PSU melalui BIOS, yaitu 12v,5v 5v dan 1,5v.Baca ketentuan tegangan normal dari power supply, biasanya ditulis pada bodynya.Jadi jumlah voltase yang di sebutkan pada body PSU harus sesuai dengan yang terlihat pada BIOS >> PC Health.Baca: cara masuk Bios.
Terminal yang menghubungkan antara power supply dan motherboard pastikan tidak ada kelonggaran.Terminal yang longgar bisa menjadi penyebab arus yang masuk tidak seperti seharusnya.

5.Suhu CPU/prosesor diluar batas normal

Suhu prosesor yang bisa dikatakan normal adalah maksimal 50-55 derajat celcius, periksa dengan jalan masuk BIOS.Jika tegangan diatas 50 derajat C, bisa dipastikan ada masalah dengan kipas heatsink/fan.Pada saat normal, putaran fan bisa mencapai antara 3000RPM hingga 4000 RPM.Cobalah untuk membersihkan fan dari debu dan kalau perlu lumasi.Cek kembali putaran Fan melalui BIOS, apakah putarannya normal antara 3000 dan 4000RPM.Tanda-tanda fan tidak normal adalah putaran maksimal dibawah 2000rpm (Pentium 4 keatas), selain itu bunyinya kasar, mendengung atau ada bunyi yang tak normal lainnya.


7.Motherboard

Adanya masalah pada Motherboard dapat juga mengakibatkan komputer restart-restart sendiri.Cobalah kamu lepas semua chip yang menempel seperti VGA, RAM dan kabel-kabel hardisk, kabel kabel dari PSU.Bersihkan semua pin-pin RAM atau VGA, kemudian pasangkan kembali semuanya.Pastikan pada saat memasang semua kabel sudah benar, dan sambungan-sambungan tidak ada yang longgar.

6.Akibat virus

Virus bisa menyebabkan prosesor kepanasan sehingga komputer bisa restart sendiri.Pada beberapa Virus komputer bekerja dengan melakukan flood terhadap prosesor, sehingga prosesor melakukan prosesing semu terus-menerus hingga kepanasan.Hal ini bisa diketahui dengan mudah, yaitu ditandai dengan CPU usage 100%.Cobalah scan komputer Anda dengan antivirus terbaik.


Jika diatas sudah dilakukan tapi komputer masih tetap restart sendiri, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh teknisi dengan alat yang memadai.Mereka bisa mendeteksi kerusakan pada motherboard maupun pada PSU secara pasti dengan bantuan peralatan uji tertentu.

Kamis, 07 Maret 2013

Penting sebelum menjual komputer Anda

Seperti kita ketahui bahwa komputer memiliki memori yang dapat menyimpan data-data digital Anda.Komputer bisa jadi menjadi tempat praktis untuk menyimpan data-data penting pribadi, sehingga tidak jarang banyak yang suka menyimpan data seperti no rekening bahkan password.Menyimpan data data penting seperti password pada penyimpanan komputer tidak direkomendasikan, karena rentan dicuri orang pada saat komputer diperbaiki atau hal lain seperti komputer dijual.

Nah agar anda tidak beresiko data penting anda pada komputer hilang atau jatuh ketangan orang lain, berikut tips sebelum menjual komputer Anda:


1.Membackup data

Ini adalah hal wajib, dan saya yakin kebanyakan orang akan melakukannya jika itu dirasa perlu.Bakup data bisa dilakukan dengan cara mengcopy semua data kedalam hardisk eksternal.Jika Tidak memiliki hardisk eksternal, bisa juga menyimpan data pada layanan penyimpanan seperti virtual dropbox.

2.Hapus semua software

Jika Anda memiliki software yang berbayar, sebaiknya dihapus saja.Hal ini untuk menghindari lisensi software yang anda miliki dipergunakan oleh orang lain.


3.Bersihkan hardisk

Didalam penyimpanan hardisk anda bisa saja tanpa sengaja anda menyimpan sesuatu yang pribadi atau data penting.Hapus semua folder dan file yang ada pada hardrive secara manual.Cara yang paling baik adalah menggunakan bantuan software untuk mereset hardrive komputer Anda.Karena jika menggunakan cara manual, data yang sudah dihapus bisa dihadirkan kembali.

4.Install ulang

Agar komputer anda benar-benar bersih, sebaiknya lakukan instal ulang sebelum dijual.Komputer yang baru diinstall ulang dan semua software sudah dibersihkan juga akan membuat kinerja komputer kembali ringan seperti awal.Jadi selain menjadi lebih aman, orang yang akan membelinya pun akan terkesan, sehingga bisa terbeli dengan harga yang pantas.

5.Bersihkan Komputer

Agar orang yang akan membelinya berminat dengan harga yang pantas, sebaiknya komputer juga harus dibersihkan dari segala kotoran dan debu.Seperti membersihkan LCD, membersihkan kibord dan membersihkan body.

Penyebab utama mesin mobil macet bahkan hancur

Mungkin anda tak perlu panik ketika mesin mobil mogok, karena hal ini sudah biasa terjadi.Lalu bagaimana kalau mesin mobil menjadi macet tak bisa dihidupkan kembali, jangan-jangan mesin mobil Anda hancur?.
Mesin mobil yang macet karena dalamannya hancur bukan masalah yang jarang terjadi.Bahkan penyebabnya bisa dikatakan sepele, hanya karena kurang perawatan.
Mesin mobil itu bekerja saling berkaitan antara bagian komponen yang satu dan lainnya, semuanya saling menunjang kinerja masing masing komponen.Jika sampai terjadi adanya ketidak harmonisan kerja mesin/melenceng , bisa saja komponen penting dalam mesin mobil akan hancur.Kalau sampai begini baru boleh kita pusing, karena perbaikan akan membutuhkan banyak waktu dan biaya.Apalagi kalau sedang berjalan didaerah pedalaman, sudah pasti akan memanggil mobil derek.

Pada umumnya yang paling sering terjadi adalah hancurnya piston/seher, bengkoknya klep, bengkoknya stang seher dan blok kop yang melintir.

Agar mesin mobil anda terhindar dari hal-hal tersebut, berikut beberapa komponen yang perlu diperhatikan


Periksa ECU secara berkala

ECU adalah sistem elektronik pada injeksi bahan bakar yang bertugas mengatur perbandingan pencampuran bahan bakar dan udara sesuai keadaan mesin.Jika ECU ini suatu saat kerjanya terganggu, bisa saja mesin akan kebanyakan bensin.Kebanyakan bensin bisa menghancurkan komponen didalam mesin seperti seher, klep dll.ECU berkaitan dengan kendaraan yang menggunakan sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection).

Rusaknya pompa olie

Jika pompa olie rusak, otomatis olie tidak akan bisa naik melumasi mesin.Akibatnya mesin akan tinggi tingkat gesekannya dan pada akhirnya panas kemudian memuai, macet dan bisa hancur.Untuk itu jangan membiasakan ngegas mesin besar-besar pada saat mobil sedang diam.Mobil yang diam itu akan membuat mesin ringan bekerja, sehingga jika digas besar akan menghasilkan putaran yang tinggi.Putaran yang sangat tinggi ini akan mengakibatkan pompa olie bekerja keras, dan ini beresiko pompa olie rusak.

Penyebab lainnya adalah pompa olie yang kotor,  sehingga alirannya tersumbat atau aliran olie tidak lancar.Akibatnya, saat mobil dalam putaran tinggi , pelumasan yang dibutuhkan menjadi sangat kurang.Akibatnya, sama seperti diatas.Untuk itu pompa oli adala komponen yang tak boleh dilupakan perawatannya.

Sistem pendingin

Sistem pendingin yang terganggu bisa mengakibatkan mesin overheating.Jika mobil tetap dipaksa dalam keadaan begini, kemungkinan mesin menjadi hancur juga sangat tinggi.Untuk itu jangan remehkan tentang sistem pendingin, lakukan tindakan jika mengetahui jarum indikator menunjukkan mesin kepanasan.Baca: Penyebab mesin mobil cepat panas


Belt/tali kipas

Tali kipas berfungsi sangat penting bagi sebuah mesin mobil.Pada beberapa jenis mobil, tali kipas ini juga menghubungkan putaran mesin dan poros camp.Apapun jenis mobil anda jika ada tali kipasnya, maka pastikan tali kipas tersebut selalu dalam keadaan baik.Tidak sedikit kasus mesin mobil macet gara gara tali kipasnya putus.Memang sangat fatal akibatnya bagi mesin jika tali kipas sampai putus.

Cara memasang sticker pada sepeda motor

Memasang cutting stiker pada sepeda motor umumnya dilakukan untuk melindungi body motor agar tetap terlindungi dari gesekan atau sebab lain.Kebanyakan stiker dipasang untuk menutupi stiker orisinil sepeda motor, jadi jika nanti akan dijual lagi kondisinya masih tetap kinclong.
Sebaiknya stiker ini dipasang dengan ukuran yang benar-benar pas dengan ukuran asli dari stiker bawaan.Maksudnya jangan sampai menempel pada daerah body motor yang dicat, karena suatu saat nanti jika dilepas lagi justru akan merusak cat motor.

Agar memasangnya bisa pas dan sesuai dengan lekuk body motor, berikut tips cara memasang stiker pada body motor.

Peralatan
  • Gunting
  • Kertas minyak/kertas tembus pandang
  • Wadah kecil
  • Sampoo rambut ambil sedikit saja (3-5 tetes), dicampur dengan air pada wadah kecil.
  • Hair dryer
  • Spidol

Bahan
  • Stiker atau kaca film, sesuai selera

Caranya:
  • Tempelkan kertas minyak pada striker asli motor yang akan ditutup dengan stiker.
  • Garis  kertas minyak dengan spidol sesuai dengan ukuran stiker asli yang terlihat dibalinya.
  • Bersihkan area stiker asli yang mau ditempelin dengan cutting stiker, kemudian keringkan dengan lap khusus hingga kering.
  • Oleskan air sampo pada wadah pada seluruh area yang akan ditempel stiker.
  • Tempelkan stiker yang sudah dipotong tadi pada permukaan yang mau ditutupin.Karena adanya air sampoo, maka stiker bisa digeser-geser untuk mendapatkan penempelan yang pas.
  • Sembur dengan hair dryer pada stiker yang sudah ditempelkan tadi.Jika pada bagian body motor yang berlekuk, semburkan hair dryer sambil diurut dan ditekan sampai stiker menempel mengikuti lekukan body.
Mudah bukan?,, lanjutkan pada area lain yang diinginkan.

Penyebab mesin mobil cepat panas

Kendala umum pada suhu mobil yang cepat panas adalah adanya gangguan pada sistem pendingin.Jika memang gangguan ada pada sistem pendingin, maka ini tidak boleh dibiarkan.Gangguan pada sistem pendinginan mobil bisa mengakibatkan mesin kepanasan (overheat), jika ini tetap dibiarkan atau dipaksa tetap berjalan bisa mengakibatkan mesin mobil macet.Mesin bisa macet karena bagian-bagian seperti silinder atau piston mengalami pemuaian, biaya perbaikan tentu akan sangat banyak sekali.
Mesin mobil yang kepanasan ini sebenarnya akan berpengaruh terhadap performanya, jika mobil semakin lama semakin berat ada baiknya anda mengecek sistem pendingin ini.
Sistem pendingin dibangun atas beberapa komponen utama yaitu, radiator, termostat, slang, water pump, belt, kipas , reservoir dan meteran pengukur air radiator.

Berikut cara mengetahui gangguan pada sistem pendingin yang mengakibatkan mesin kepanasan (overheat).


Kurangnya Air radiator

Tentu saja jika air radiator habis pada mobil modern akan cepat diketahui dari meteran pada dasboard mobil.Masalahnya jika mobil lama yang tidak dilengkapi dengan itu, anda wajib memeriksanya melalui reservoir dengan membuka kap mesin.Ingat!! jangan membuka termostat jika mesin masih panas, cukup menambahkan air melalui reservoir sampai pada ketinggian yang ditunjukkan pada pengukur (high).Pakailah air bersih tak mengandung partikel yang bisa mengakibatkan kerak dan karat pada sistem pendingin.

Adanya kebocoran pada beberapa komponen pendingin.

Jika air radiator cepat sekali habis, mungkin saja hal ini kurang disadari pemilik kendaraan.Lihatlah pada bagian slang slang dan radiator, apakah terlihat adanya rembesan atau tetesan air.Slang slang pendingin terbuat dari karet, dan selalu dihadapkan pada suhu tinggi.Jadi kemungkinan slang retak sehingga bocor tetap ada, periksa atau kencangkan baut pengikatnya.Pada radiator yang bentuknya seperti sarang lebah inipun demikian, bisa berkarat dan bocor karena selalu berhadapan dengan suhu tinggi.

Pegas pada termostat sudah lembek

Termostat adalah alat untuk menaikkan tekanan pada 1 atmosfir, kerjanya untuk menjaga suhu agar stabil pada 80 derajat celcius.Jika termostat ini pegasnya sudah lemah, maka air pendingin suhunya bisa meningkat lebih tinggi yang megakibatkan mesin kepanasan.Buka tutup radiator (mesin harus sudah dingin), periksa kekuatan pegas apakah masih baik.Biasanya pegas termostat yang sudah karatan akan mermpengaruhi kinerjanya.Selain itu pada termostat ada dua katup , yaitu katup vakum dan katup tekan.Katup vakum bekerja guna menjaga ketika ada perubahan suhu mesin dari tinggi kerendah.Karena perbedaan suhu maka ada isapan dari sistem pendingin, disini katup vakum akan membuka dan air dari reservoir akan masuk kedalam radiator.Jika katup vakum macet, maka air cadangan didalam reservoir tidak akan jalan keradiator.
Yang kedua adalah katup tekanan, kerjanya pada saat suhu mesin meningkat maka katup ini akan membuka dan meyalurkan uap panas kedalam reservoir.Jika katup ini macet maka akibatnya desakan pada ruang pendingin akan terus bertambah hingga mesin menjadi terlalu panas.Periksa kedua katup tersebut apakah bisa membuka ketika pegas termostat ditekan, dan apakah tidak ada kerak.Jika ada kerak dan pegas sudah lembek dan berkarat, sebaiknya termostat diganti .

Belt atau sabuk kipas yang kendor

Belt yang menghubungkan waterpump dan kipas harus dalam ketegangan yang kencang.Jika Sabuk kipas sudah lembek, tentu putaran kipas pendingin dan waterpump tidak maksimal.Akibatnya sirkulasi air pendingin dan kemampuan mendinginkan radiator oleh kipas akan berkurang.Periksa juga apakah sabuk kipas tidak kelihatan seperti adanya retakan-retakan.Sabuk ini ada ketentuan mengenai jarak tempuh pemakaian mobil, jika sudah diatas ketentuan sebaiknya perlu diganti.Karena kerjanya yang berat, yaitu memutar kipas, waterpump dan AC, sabuk tali kipas sangat penting untuk diperhatikan.

Water Pump berkarat/kerak

Jika semua pada poin diatas sudah tidak ada masalah, gangguan pada sistem pendingin lainnya bisa pada waterpump.Water pump berfungsi untuk menjaga sirkulasi air dari water jacket (mesin) ke radiator untuk didinginkan.kerusakan pada waterpump biasanya karena karatan atau adanya kerak.Mengingat fungsinya yang tak kalah penting, kerusakan pada waterpump akan menghambat sirkulasi air sehingga mesin mengalami kepanasan.Untuk melakukan pemeriksaan pada waterpump harus membongkarnya dari mesin, untuk itu diperlukan peralatan dan orang yang ahli.

Tips Agar Ban Mobil Awet

Fungsi bagian dari mobil yang bernama ban ini tidak boleh diremehkan.Ban adalah komponen mobil yang menyangga beban dari seluruh bobot kendaraan.Fungsi penting lainnya dari ban adalah meredam guncangan, melakukan pengereman, memindahkan gaya dorong, meredam guncangan, membantu pengereman.Untuk itu ban haru selalu mendapat perhatian, selain supaya ban lebih awet juga agar memberikan fungsi maksimal terutama masalah keamanan berkendara.

Berikut tips agar ban mobil awet


Tekanan Angin

Sesuaikan tekanan angin menurut buku pedoman kendaraan.Jaga dengan memeriksa kondisi angin agar jangan sampai tekanannya kurang, periksa maksimal sebulan sekali.Jika tekanan angin tidak sesuai dengan beban kendaraan, bisa membuat didnding ban menjadi terkikis.

Spooring Balancing

Lakukan spooring balancing agar putaran semua roda menjadi selaras.Putaran yang tidak selaras akan mengakibatkan getaran pada kendaraan saat berjalan.Roda yang tidak balans juga akan mempercepat keausan ban, selain tidak nyaman dikendarai.

Merotasi ban

Lakukan rotasi ban secara berkala, maksimal setiap jarak tempuh mencapai 10.000km.Hal ini dimaksudkan untuk mencegah keausan yang tidak merata.

Maksimal beban

Beban muatan yang berlebihan dari beban ban maksimal yang disarankan akan mempercepat keausan.

Kondisi velg

Pastikan velg masih dalam keadaan bagus, tidak cacat, berubah bentuk ataupun berkarat.Velg yang sudah tidak normal demikian akan memperpendek umur pemakaian ban.Pasang dan keluarkan ban dari velg dengan hati-hati dan menggunakan minyak pelumas agar mudah.Pemasangan dan pelepasan ban dari velg yang

Kondisi jalan

Bagian samping ban tidak diberi baja pelapis seperti halnya pada telapak ban.Pilihlah jalan yang baik, kalau bisa jangan sampai terlalu sering masuk kedalam jalan berlubang.Kondisi jalan yang penuh lubang, jalanan yang kasar (misalnya paving) lebih cepat memakan ban.Jangan membelok tiba tiba pada saat ban masuk pada lubang dijalanan, usahakan telapak ban pas berada ditengah lubang, ini jika tak mungkin menghindari lubang.Perilaku mengemudi yang kasar dan jalanan yang rusak akan merusak benang-benang pelindung pada sisi samping ban.

Minyak

Ban jangan terkena minyak, bensin atau olie karena bisa membuat karet ban menjadi lebih lunak dan cepat habis.Untuk itu pada saat mencuci mobil, biasakan sekaligus mencuci ban dengan disikat dengan air sabun.


Parkir

Sering parkir ditempat panas akan membuat ban menjadi getas sehingga mudah retak atau pecah.

Selasa, 05 Maret 2013

Mobil Matic atau Manual?

Dimana pada saat Anda ingin membeli mobil baru, sekarang ini akan dihadapkan oleh pilihan jenis transmisi.memilih mobil transmisi manual (Matic/MT) atau mobil transmisi otomatis (AT)??.  mana yang terbaik?...Semua tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Mengetahui perbedaan diantara keduanya itu perlu, agar bisa menentukan pilihan mobil yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Secara ringkas perbedaan diantara keduanya adalah begini: Mobil Transmisi manual menggunakan bahan bakar lebih irit dan lebih banyak kontrol yang harus dilakukan saat mengemudinya, sehingga mobil manual akan terasa kurang nyaman.
Sementara mobil transmisi otomatis (Matic) lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar, namun pengemudi hanya dihadapkan lebih sedikit kontrol terhadap mobil, dan mobil matic lebih mudah dioperasikan/dikemudikan dan lebih nyaman.


Berikut kelebihan kekurangan mobil matic dan mobil manual


Biaya

Selisih harga kedaraan jelas ada, dan tentunya lebih mahal mobil transmisi otomatis (matic) daripada mobil transmisi manual.

Pemeliharaan

Perawatan oleh mekanik pada gear box mobil matic lebih rumit dan lebih sering, dari pada perawatan untuk gear box mobil manual, sehingga biaya perawatannya lebih tinggi.
Mobil manual membutuhkan lebih sedikit servis pada transmisi, sehingga biaya perawatannya lebih murah.

Olie

Mobil dengan transmisi manual dapat digunakan menempuh ratusan kilometer tanpa masalah (tentunya kondisi mobil menentukan). Minyak Pelumas juga perlu diganti secara berkala pada mobil manual, namun mobil matic akan lebih sering mengganti pelumas. (Namun pada beberapa jenis mobil matic ada yang tanpa mengganti pelumas gear box).

Akselerasi

Anda seorang pengemudi yang suka zig-zag dan bermain akselerasi?,,ternyata mobil manual lebih cocok untuk anda.Namun pada saat jalanan macet, pengemudi mobil matic tentu akan merasa lebih nyaman daripada mobil manual.

Operasi (mengemudi)

Bagi yang sudah terbiasa dengan mobil manual, mungkin sudah hafal betul cara memperlakukan ketiga pedal dan prseneling.Namun bagi pengemudi yang baru belajar, akan lebih mudah dan lebih cepat bisa untuk menjalankan mobil matic.
Pengemudi mobil manual harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menambah dan mengurangi gigi,bagaimana cara berhenti dilampu merah yang benar dsb. Pada mobil matic tak perlu pengetahuan seperti itu, cukup mengetahui sedikit fungsi tongkat perseneling, injak rem atau gas.

Bahan Bakar

Bahan bakar mungkin hanya sedikit lebih boros pada mobil matic.Namun mobil manual juga belum tentu lebih irit, karena perilaku dan pengalaman pengemudi juga menentukan.Jika pengemudi menggunakan aturan kecepatan terhadap gigi persneling, bisa jadi manual lebih irit.

Purna Jual

Harga bekasnya pun lebih mahal mobil matic, daripada mobil manual.Namun pada harga purnajual, selisih harga tidak begitu kelihatan mencolok.

Tetap saja masing masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing.Sebagai pembeli tentunya harus memilih mobil dari segi transmisi sesuai dengan kebutuhan dan budget yag tersedia.

Jumat, 01 Maret 2013

Tips membeli kamera DSLR untuk pemula

Kamera DSLR itu ada banyak macamnya, selain merk yang membedakan lainnya adalah fitur, tingkatan dan harga.Tentu saja bagi yang profesional tidak akan ada kendala untuk membeli kamera DSLR yang paling bagus. Bagi pemula tentu akan bingung dalam membuat pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih dari sekian banyak type dan merk yang ada.
Belum tahu apa itu kamera DSLR?, ketahui dulu klik disini

Berikut yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera DSLR untuk pemula:


a.Tingkatan

Ada tingkatan kelas kamera DSLR, yaitu low entry, medium entry dan high entry.Perbedaan masing masing jelas pada fitur dan harga.Kalau kamu hanya membeli kamera DSLR hanya untuk menggantikan kamera saku, sebaiknya membeli saja yang type low entry.Harga rata-rata untuk kamera DSLR yang paling dasar berkisar pada rata-rata harga 4juta-an.Dan bisa dikatakan kelas sedang rata-rata pada kisaran harga 12 juta-an.Baca: Daftar kamera DSLR


b.Keperluan

Namun apabila berniat ingin belajar fotografi, tidak ada tingkatan khusus harus beli yang tingkatan yang mana.Walaupun fitur pada kamera DSLR high entry lebih banyak, semua optimasi bisa dipelajari.Membeli yang high entry bagi pemula tidak ada masalah, yang penting ada budgetnya.Kalau ingin berangkat dari yang lebih sederhana agar lebih mudah,juga tak masalah. Berikut  Kamera DSLR untuk PemulaKalau membeli kamera DSLR hanya untuk pelengkap kebutuhan keluarga saja, sebaiknya membeli yang type low entry.Kenapa tidak high entry sekalian kalau budgetnya ada?,, Selain harganya yang jauh lebih mahal, tidak bisa/malas belajar memanfaatkan fitur yang ada tidak menjamin untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus.

c.Harga

Semakin tinggi tingkatan Kamera DSLR, semakin tinggi pula harganya.Untuk pemula sebaiknya tidak perlu terlalu memaksa, beli saja yang low entry nggak masalah.Kamera yang low entry pun dapat menghasilkan gambar yang tak kalah oke, asal tahu teknik dan pengoptimalan fitur yang ada.Jadi tidak perlu ragu dengan budget yang terbatas, sebab kalau tidak sekarang kapan lagi?

d.Resolusi

Semakin tinggi resolusi maka semakin baik pula gambar jika dicetak kedalam ukuran yang lebih besar.Namun dalam dunia potografi, resolusi bukanlah faktor penentu utama. Walaupun dikatakan bukan penentu utama, perbedaan harga juga terpengaruh oleh besaran resolusi.Jadi mana harga yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan kamera.

Merk dan type

Bicara masalah merk kamera DSLR, ada banyak dipasaran.Kalau bicara yang terbaik, menurut saya masing masing ada kelebihan dan kekurangannya.Namun saat ini merk kamera DSLR yang paling populer adalah produk nikkon dan canon.Beberapa pendapat mengatakan bahwa kedua merk tersebut lebih fleksibel dan mendukung banyak jenis lensa.Selain itu tidak sedikit pula yang bilang kalau hasil jepretannya lebih bagus.Lagi-lagi mungkin hanya masalah budget, jika memilih beli kamera keluaran dua produsen diatas.
Selamat berbelanja kamera DSLR, semoga mendapatkan yang paling sesuai bagi Anda.

Keluaran Terbaru

Membeli kamera DSLR yang keluaran terbaru tentu lebih baik, karena beberapa fitur mungkin sudah mengalami penyempurnaan dari keluaran sebelumnya.

Tips membeli Kulkas Baru

Kulkas sudah seperti keharusan tersedia di keluarga modern sekarang ini.Apalagi untuk yang menginginkan makanan atau minuman yang selalu fress dan selalu tersedia setiap saat.Atau bagi ibu ibu yang sibuk sehingga kurang ada waktu untuk berbelanja setiap hari, untuk itu kulkas bisa membantu ibu ibu dalam mengatasi kesibukannya.
Masih banyak fungsi lain dari kulkas, seperti untuk membuat es krim atau es jus yang segar.

Berikut beberapa tips membeli kulkas baru, sehingga mendapatkan kulkas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.


Ukuran

Pilih kulkas dengan ukuran yang sesuai dengan tempat dimana anda berencana mau meletakkannya.Misalnya pada saat pintu kulkas dibuka terganggu atau tidak, pilihlah ukuran yang sesuai.Selain itu sesuaikan lebar pintu masuk atau tangga, agar nanti tidak repot saat mau memasukkannya kesana.

Kapasitas

Tenrtukan berapa kapasitas kulkas yang cocok untuk kebutuhan Anda, misalnya berapa anggota keluarga yang ada.Misalnya keluarga kecil hanya butuh penyimpanan 8-22 kubik dan keluarga besar 25 � 28 kubik.Kalau terlalu besar, berarti pemborosan harga dan daya listrik.


Pilih Warna

Ada banyak warna pilihan dari berbagai kulkas yang ada.Agar serasi, sebaiknya sesuaikan dengan dekor ruangan.


Perhatikan Fitur

Sebelum memutuskan membeli sebuah produk, sebaiknya memeriksa fitur yang ditawarkan.Beberapa fitur dari kulkas biasanya seperti anti frost, pendinginan cepat (quick cool), sistem penyaringan air (water filtration system), dispenser air panas dan dingin, tabung air di pintu, jendela di pintu untuk mengambil es, rak anti pecah, tempat obat dan makanan ringan, volume freezer, dan panel informasi di pintu. Penting untuk memastikan fitur seperti multi air flow ada, karena fitur ini berguna untuk mempercepat udara dalam kulkas cepat merata

Pertimbangkan Jenis kulkas.

Ada 3 jenis kulkas yang harus bisa anda pertimbangkan sesuai keperluan.
#side-by-side (berdampingan).Jenis ini lebih banyak menawarkan kenyamanan dari sisi fresser dan pendingin. Jika memilih jenis side-by-side,periksa secara teliti  pada kapasitas dan fleksibilitas bagian dalam. Pada beberapa model, tempat penyimpanan lebih sempit daripada model pendingin di bagian atas atau bawah.Bahkan mungkin tidak menyediakan penyimpanan yang lebih besar. Jika mungkin, pilihlah kulkas dengan rak dan tempat yang dapat disetel. Sehingga Anda dapat menyesuaikan tata letak menurut ketersediaan tempat penyimpanan.

#two-door-top-mount/ freezer.Jenis yang ini adalah jenis kulkas yang paling umum dan banyak pilihan model. Kelemahan kulkas tipe ini adalah sulit mengambil bahan makanan yang disimpan di pendingin yang letaknya di atas.

- Jenis kulkas two-door-bottom-mount/freezer .Jenis ini tidak sebanyak tipe lemari es yang lain yang dijual dipasaran, tapi biasanya produsen lemari es menawarkan sedikitnya satu model.

Kompartemen sayur dan Buah

Pilihlah kulkas yang menyediakan lubang untuk kompartemen sayuran atau buah. Hal ini agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan sayur dan buah agar bisa lebih tahan lama.Jika sedang diisi dengan buah,lubangnya bisa ditutup untuk menjaga kesegaran buah. Namun jika ingin menyimpan sayur-sayuran, lubang dibuka pada bagian penutup bagian pinggirnya karena sayur membutuhkan udara yang lembab.

Kemampuan mendinginkan

Kulkas dengan kemampuan pendingin yang lebih baik tentunya yang paling diinginkan.Tanda kemampuan mendinginkan ini ada dibagian kanan atas kulkas.Untuk merek-merek dari Eropa pada umumnya ditandai dengan lampu bintang. Untuk produk lokal Indonesia biasanya bertanda bintang 3, yang memiliki kemampuan pendinginan hingga -150C. Dan untuk merek dari Eropa umumnya memiliki bintang 5, yaitu dengan kemampuan pendinginan hingga mencapai -210C.

Tips memilih Tablet Android

Android adalah OS untuk telepon pintar dan tablet yang paling populer di Indonesia dewasa ini.Jika kamu berniat untuk membeli tablet android, bisa dipastikan kamu memiliki tujuan penggunaan perangkat untuk keperluan entertainment dan multimedia.Untuk itu diperlukan kejelian untuk memilih tablet android, sehingga saat dijalankan performanya bisa memberikan kepuasan.

Karena OS Android adalah opensource, sehingga banyak sekali produsen gadget yang menawarkan tablet dengan OS android.Baik itu produsen kenamaan sampai produsen lokal, semuanya berlomba-lomba menciptakan tablet android terbaik untuk memikat hati para konsumen.Sebagai calon konsumen, kita menjadi semakin bingung untuk memilih manakah tablet android yang paling sesuai.Kalau bisa dapat harga yang paling murah , namun fiturnya mendukung kinerja yang lebih baik.

Agar tablet android yang kamu beli bisa diandalkan, berikut 6 tips memilih tablet android:

RAM, CPU dan GPU

CPU dan GPU adalah piranti yang bertugas sebagai otak yang mendukung performa dari tablet.Semakin tinggi spesifikasinya maka tablet akan semakin tangguh untuk menjalankan aplikasi aplikasi berat semacam game.Cari keluaran yang memiliki spesifikasi prosesor yang tertinggi, namun dijual dengan harga yang kamu pikir paling sesuai.Paling tidak prosesor harus sudah berada pada 1GHZ keatas, dan untuk RAM sebaiknya juga sudah 1GHZ atau lebih, karena game-game terbaru sangat membutuhkan performa tinggi dari RAM dan prosesor.

Versi Android

Semakin tinggi versinya tentu akan semakin baik kinerja yang dijanjikan,Versi lebih tinggi biasanya juga ada tambahan fitur tertentu yang tidak ditemui pada versi sebelumnya.Kalau bisa memilih tablet yang mendukung ketersediaan update untuk versi android.

Layar sentuh

Layar sentuh yang sudah menerapkan teknologi terbaru tentu lebih baik, dan yang pasti sensitifitas sentuh yang lebih baik.Kamu bisa memilih ponsel/tablet yang sudah menggunakan teknologi capacitive display.Karena layar sentuh akan selalu berhubungan dengan sentuhan bahkan gesekan, kalau perlu yang ada proteksi teknologi pelindung dari goresan.

Resolusi

Semakin tinggi resolusinya tentu semakin jernih dan tajam tampilan gambarnya.Jika resolusi kamu pikir adalah penting, tentunya juga harus dipertimbangkan.Misalnya resolusi yang sudah sangat baik untuk tablet 7 inch adalah 1.024 x 768.

Konektivitas

Khusus untuk tablet, ada beberapa type yang hanya mengandalkan Wi-fi dan tidak mendukung 3G.Kalau kamu ingin leluasa mempergunakan perangkat untuk berinternet sebaiknya mendukung untuk kedua jenis sambungan tersebut.

Baterai

Karena tablet didesain untuk penggunaan portable, memperhatikan spesifikasi baterai juga perlu.Karena jangan sampai baterainya cepat habis pada saat menjalankan game yang tergolong berat diluaran. Semakin tinggi kapasitasnya, tentu semakin tahan lama dipakai.Rata-rata tablet terbaru menawarkan baterai berkapasitas 4xxx Ah, kalau ada yang lebih boleh dilirik.